BAB SYIRKAH

BAB SYIRKAH (Fasal) menjelaskan syirkah. ‏( ﻓَﺼْﻞٌ ‏) ﻓِﻲ ﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔِ Syirkah secara bahasa adalah bercampur. Dan secara syara’ adalah tetapnya hak secara umum pada barang satu bagi dua orang atau lebih. ﻭَﻫِﻲَ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟْﺎِﺧْﺘِﻠَﺎﻁُ ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺛُﺒُﻮْﺕُ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﻋَﻠَﻰ ﺟِﻬَّﺔِ ﺍﻟﺸُّﻴُﻮْﻉِ ﻓِﻲْ ﺷَﻴْﺊٍ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻟِﺎﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻓَﺄَﻛْﺜَﺮَ Syarat Syirkah Syirkah memiliki lima syarat. ‏( ﻭَﻟِﻠﺸِّﺮْﻛَﺔِ ﺧَﻤْﺲُ ﺷَﺮَﺍﺋِﻂَ : ‏) Yang pertama, syirkah harus dilakukan dengan uang berupa dirham dan dinar walaupun telah dicampur namun harus tetap berlaku di pasaran. ﺍﻷَﻭَّﻝُ ‏( ﺃَﻥْ ﺗَﻜُﻮْﻥَ ‏) ﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔُ ‏( ﻋَﻠَﻰ ﻧَﺎﺽٍ ‏) ﺃَﻱْ ﻧَﻘْﺪٍ ‏( ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢِ ﻭَﺍﻟﺪَّﻧَﺎﻧِﻴْﺮِ ‏) ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻣَﻐْﺸُﻮْﺷَﻴْﻦِ ﻭَﺍﺳْﺘَﻤَﺮَّ ﺭَﻭَﺍﺟُﻬُﻤَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ Tidak sah melakukan akad syirkah dengan tibrin (emas mentah), perhiasan dan saba’ik (emas batangan) . ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺼِﺢُّ ﻓِﻲْ ﺗِﺒْﺮٍ ﻭَﺣُﻠِﻲٍّ ﻭَﺳَﺒَﺎﺋِﻚَ Syirkah juga bisa dilakukan dengan barang-barang mitsli seperti gandum putih. ﻭَﺗَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤِﺜْﻠِﻲِّ ﻛَﺎﻟْﺤِﻨْﻄَﺔِ Tidak sah dilakukan dengan barang-barang mutaqawwam (yang dikrus dengan uang) seperti barang-barang dagangan berupa pakaian dan sesamanya. ﻟَﺎ ﺍﻟْﻤُﺘَﻘَﻮَّﻡِ ﻛَﺎﻟْﻌَﺮُﻭْﺽِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺜِّﻴَﺎﺏِ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻫَﺎ Yang kedua, jenis dan macam barang yang disyirkahnya harus sama. ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺘَّﻔِﻘَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠِﻨْﺲِ ﻭَﺍﻟﻨَّﻮْﻉِ ‏) Sehingga tidak sah melakukan akad syirkah dengan emas dan dirham, uang utuh dengan uang pecah, dan tidak sah gandum putih dengan gandum merah. ﻓَﻠَﺎ ﺗَﺼِﺢُّ ﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺬَّﻫَﺐِ ﻭَﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢِ ﻭَﻟَﺎ ﻓِﻲْ ﺻَﺤَﺎﺡٍ ﻭَﻣُﻜَﺴَّﺮَﺓٍ ﻭَﻟَﺎ ﻓِﻲْ ﺣِﻨْﻄَﺔٍ ﺑَﻴْﻀَﺎﺀَ ﻭَﺣَﻤْﺮَﺍﺀَ Yang ke tiga, keduanya harus mencampur kedua hartanyanya, sekira keduanya tidak berbeda lagi. ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺨْﻠِﻄَﺎ ﺍﻟْﻤَﺎﻟَﻴْﻦِ ‏) ﺑِﺤَﻴْﺚُ ﻟَﺎ ﻳَﺘَﻤَﻴَّﺰَﺍﻥِ Yang ke empat adalah masing-masing dari keduanya, maksudnya kedua orang yang melakukan akad syirkah, harus memberi izin pada temannya untuk menjalankan harta syirkah. ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺫَﻥَ ﻛُﻞُّ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻜَﻴْﻦِ ‏( ﻟِﺼَﺎﺣِﺒِﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑِ ‏) Ketika telah diberi izin, maka harus mentasharrufkan dengan cara yang tidak beresiko. ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺃَﺫِﻥَ ﻟَﻪُ ﻓِﻴْﻪِ ﺗَﺼَﺮَّﻑَ ﺑِﻠَﺎ ﺿَﺮَﺭٍ Sehingga masing-masing dari keduanya tidak diperkenankan melakukan akad jual beli dengan cara tempo, dengan selain mata uang daerah setempat dan dengan menanggung kerugian yang terlalu parah. ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺒِﻴْﻊُ ﻛُﻞٌّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﻧَﺴِﻴْﺌَﺔً ﻭَﻟَﺎ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﻧَﻘْﺪِ ﺍﻟْﺒَﻠَﺪِ ﻭَﻟَﺎ ﺑِﻐَﺒْﻦٍ ﻓَﺎﺣِﺶٍ Masing-masing tidak diperkenankan melakukan bepergian dengan membawa harta yang disyirkahnya kecuali dengan izin temannya. ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺴَﺎﻓِﺮُ ﺑِﺎﻟْﻤَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤُﺸْﺘَﺮَﻙِ ﺇِﻻَّ ﺑِﺈِﺫْﻥٍ Jika salah satu dari kedua orang yang melakukan akad syirkah melakukan akad yang telah dilarang, maka hukum akad tersebut tidak sah pada bagian temannya. ﻓَﺈِﻥْ ﻓَﻌَﻞَ ﺃَﺣَﺪُ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻜَﻴْﻦِ ﻣَﺎ ﻧُﻬِﻲَ ﻋَﻨْﻪُ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﻓِﻲْ ﻧَﺼِﻴْﺐِ ﺷَﺮِﻳْﻜِﻪِ Sedangkan pada bagiannya sendiri terdapat dua pendapat dalam permasalahan “ tafriqusshufqah”. ﻭَﻓِﻲْ ﻧَﺼِﻴْﺒِﻪِ ﻗَﻮْﻟَﺎ ﺗَﻔْﺮِﻳْﻖِ ﺍﻟﺼُّﻔْﻘَﺔِ Yang ke lima, laba dan rugi disesuai dengan ukuran kedua hartanya. ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺍﻟﺮِّﺑْﺢُ ﻭَﺍﻟْﺨُﺴْﺮَﺍﻥِ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺪْﺭِ ﺍﻟْﻤَﺎﻟَﻴْﻦِ ‏) Baik ukuran keduanya sama dalam menjalankan harta yang disyirkahkah ataupun kadarnya berbeda. ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺗَﺴَﺎﻭَﻯ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻜَﺎﻥِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤُﺸْﺘَﺮَﻙِ ﺃَﻭْ ﺗَﻔَﺎﻭَﺗَﺎ ﻓِﻴْﻪِ Sehingga, jika keduanya mensyaratkan harus sama di dalam laba padahal jumlah hartanya berbeda, atau sebaliknya (berbeda dalam laba, padahal jumlah hartanya sama), maka hukum syirkahnya tidak sah. ﻓَﺈِﻥِ ﺍﺷْﺘَﺮَﻃَﺎ ﺍﻟﺘَّﺴَﺎﻭِﻱَ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺮِّﺑْﺢِ ﻣَﻊَ ﺗَﻔَﺎﻭُﺕِ ﺍﻟْﻤَﺎﻟَﻴْﻦِ ﺃَﻭْ ﻋَﻜْﺴَﻪُ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ Hukum Akad Syirkah Syirkah adalah akad yang jaiz dari kedua belah pihak. ﻭَﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔُ ﻋَﻘْﺪٌ ﺟَﺎﺋِﺰٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﺮَﻓَﻴْﻦِ Dengan demikian, maka bagi masing-masing dari keduanya, maksudnya dua orang yang melakukan akad syirkah, diperkenankan untuk merusak akad kapanpun mereka menghendaki. ‏( ﻭَ ‏) ﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ‏( ﻟِﻜُﻞِّ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻜَﻴْﻦِ ‏( ﻓَﺴْﺨُﻬَﺎ ﻣَﺘَﻰ ﺷَﺎﺀَ ‏) Keduanya tercopot dari tasharruf sebab telah merusak akad syirkah. ﻭَﻳَﻨْﻌَﺰِﻟَﺎﻥِ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑِ ﺑِﻔَﺴْﺨِﻬَﺎ Ketika salah satu dari keduanya meninggal dunia, gila, atau epilepsi, maka akad syirkah tersebut menjadi batal. ‏( ﻭَﻣَﺘَﻰ ﻣَﺎﺕَ ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ‏) ﺃَﻭْ ﺟُﻦَّ ﺃَﻭْ ﺃُﻏْﻤِﻲَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ‏( ﺑَﻄَﻠَﺖْ ‏) ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﺸِّﺮْﻛَﺔُ (Sumber : Kitab Fathul Qorib) Amalan Di Jamin Selamat Dari Penyakit Gila Kusta Lepra Buta Lumpuh Stroke

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB AQIQAH

BAB SHIYAL

BAB TALAK