BAB QIRADL

BAB QIRADL (Fasal) menjelaskan hukum-hukum qiradl. ‏( ﻓَﺼْﻞٌ ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽِ Lafadz “qiradl” secara bahasa diambil dari lafadz “al qardl”, yaitu bermakna memotong. ﻭَﻫُﻮَ ﻟُﻐَﺔً ﻣُﺸْﺘَﻖٌّ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘَﺮْﺽِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟْﻘَﻄْﻊُ Qiradl adalah pemberian harta oleh seorang pemilik terhadap seorang amil (pekerja) yang akan menggunakannya untuk bekerja dan laba dari harta tersebut dibagi di antara keduanya. ﻭَﻫُﻮَ ﺩَﻓْﻊُ ﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻚِ ﻣَﺎﻟًﺎ ﻟِﻠْﻌَﺎﻣِﻞِ ﻳَﻌْﻤَﻞُ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَﺭِﺑْﺢُ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ Syarat Qiradl Akad qiradl memiliki empat syarat. ‏( ﻭَﻟِﻠْﻘِﺮَﺍﺽِ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺷُﺮُﻭْﻁٍ ‏) Salah satunya, qiradl harus menggunakan uang berupa dirham dan dinar, maksudnya yang murni. ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﺎﺽٍ ‏) ﺃَﻱْ ﻧَﻘْﺪٍ ‏( ﻣِﻦَ ﺍﻟﺪَّﺭَﺍﻫِﻢِ ﻭَﺍﻟﺪَّﻧَﺎﻧِﻴْﺮِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺨَﺎﻟِﺼَﺔِ Sehingga akad qiradl tidak boleh dilakukan dengan menggunakan emas mentah, perhiasan, emas campuran, dan barang-barang dagangan yang lain diantaranya adalah fulus (uang receh). ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽُ ﻋَﻠَﻰ ﺗِﺒْﺮٍ ﻭَﻟَﺎ ﺣُﻠِﻲٍّ ﻭَﻟَﺎ ﻣَﻐْﺸُﻮْﺵٍ ﻭَﻟَﺎ ﻋُﺮُﻭْﺽٍ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﺍﻟْﻔُﻠُﻮْﺱُ Yang kedua, pemilik modal harus memberi izin pada amil dalam bekerja dengan izin secara mutlak (tidak dibatasi). ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺫَﻥَ ﺭَﺏُّ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ ﻟِﻠْﻌَﺎﻣِﻞِ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑِ ‏) ﺇِﺫْﻧًﺎ ‏( ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ ‏) Sehingga bagi malik tidak diperkenankan mempersulit gerak tasharruf pada amil, seperti ucapan pemilik modal semisal, “jangan membeli sesuatu sehingga engkau bermusyawarah denganku”, atau, “jangan membeli kecuali gandum putih.” ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﻤَﺎﻟِﻚِ ﺃَﻥْ ﻳُﻀَﻴِّﻖَ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻣِﻞِ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟَﺎ ﺗَﺸْﺘَﺮِ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﺗُﺸَﺎﻭِﺭَﻧِﻲْ ﺃَﻭْ ﻟَﺎ ﺗَﺸْﺘَﺮِ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟْﺤِﻨْﻄَﺔَ ﺍﻟْﺒَﻴْﻀَﺎﺀَ ﻣَﺜَﻠًﺎ Kemudian mushannif meng-‘athafkan perkataan beliau di sini -di bawah ini- pada perkataan beliau yang sudah lewat yaitu “secara mutlak”, ﺛُﻢَّ ﻋَﻄَﻒَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ﺳَﺎﺑِﻘًﺎ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ ﻗَﻮْﻟَﻪُ ﻫُﻨَّﺎ Atau memberi izin di dalam perkara, maksudnya di dalam tasharruf pada sesuatu yang umumnya tidak terputus keberadaan. ‏( ﺃَﻭْ ﻓِﻴْﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱْ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑِ ﻓِﻲْ ﺷَﻴْﺊٍ ‏( ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻘَﻄِﻊُ ﻭُﺟُﻮْﺩُﻩُ ﻏَﺎﻟِﺒًﺎ ‏) Sehingga, seandainya pemilik modal mensyaratkan pada amil agar membeli sesuatu yang jarang ada seperti kuda yang berwarna hitam putih, maka hukumnya tidak sah. ﻓَﻠَﻮْ ﺷَﺮَّﻁَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺷِﺮَﺍﺀَ ﺷَﻴْﺊٍ ﻳَﻨْﺪُﺭُ ﻭُﺟُﻮْﺩُﻩُ ﻛَﺎﻟْﺨَﻴْﻞِ ﺍﻟْﺒَﻠْﻖِ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ Yang ketiga, pemilik modal mensyaratkan bagian yang jelas dari laba untuk amil, seperti separuh atau sepertiga dari seluruh laba. ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺸْﺘَﺮِﻁَ ﻟَﻪُ ‏) ﺃَﻱْ ﻳَﺸْﺘَﺮِﻁَ ﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻚُ ﻟِﻠْﻌَﺎﻣِﻞِ ‏( ﺟُﺰْﺃً ﻣَﻌْﻠُﻮْﻣًﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮِّﺑْﺢِ ‏) ﻛَﻨِﺼْﻔِﻪِ ﺃَﻭْ ﺛُﻠُﺜِﻪِ Sehingga, seandainya pemilik modal berkata pada amil, “aku melakukan akad qiradl denganmu menggunakan harta ini dengan janji bahwa sesungguhnya engkau memiliki hak syirkah atau bagian dari harta ini” , maka akad qiradl tersebut menjadi rusak. ﻓَﻠَﻮْ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻚُ ﻟِﻠْﻌَﺎﻣِﻞِ ﻗَﺎﺭَﺿْﺘُﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻤَﺎﻝِ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻥَّ ﻟَﻚَ ﻓِﻴْﻪِ ﺷِﺮْﻛَﺔً ﺃَﻭْ ﻧَﺼِﻴْﺒًﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﻓَﺴَﺪَ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽُ atau “dengan janji bahwa sesungguhnya laba diantara kita berdua” , maka hukumnya sah, dan labanya dibagi separuh-separuh. ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﺮِّﺑْﺢَ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ ﺻَﺢَّ ﻭَﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟﺮِّﺑْﺢُ ﻧِﺼْﻔَﻴْﻦِ . Yang ke empat, akad qiradl tidak boleh dibatasi dengan waktu yang dipastikan seperti ucapan pemilik modal, “aku akad qiradl denganmu selama setahun.” ‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ‏( ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳُﻘَﺪَّﺭَ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽُ ‏( ﺑِﻤُﺪَّﺓٍ ‏) ﻣَﻌْﻠُﻮْﻣَﺔٍ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻗَﺎﺭَﺿْﺘُﻚَ ﺳَﻨَﺔً Akad qiradl juga tidak boleh digantungkan dengan sebuah syarat, seperti ucapan pemilik modal, “ketika datang awal bulan, maka aku melakukan akad qiradl denganmu.” ﻭَﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳُﻌَﻠَّﻖَ ﺑِﺸَﺮْﻁٍ ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﺇِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَ ﺭَﺃْﺱُ ﺍﻟﺸَّﻬْﺮِ ﻗَﺎﺭَﺿْﺘُﻚَ Hukum Qiradl Qiradl adalah akad amanah. ﻭَﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽُ ﺃَﻣَﺎﻧَﺔٌ Kalau demikian, maka tidak ada kewajiban mengganti bagi seorang amil pada harta qiradlnya kecuali akibat kecerobohan yang ia lakukan pada harta tersebut. ‏( ﻭَ ‏) ﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ‏( ﻟَﺎ ﺿَﻤَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻣِﻞِ ‏) ﻓِﻲْ ﻣَﺎﻝِ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽِ ‏( ﺇِﻻَّ ﺑِﻌُﺪْﻭَﺍﻥٍ ‏) ﻓِﻴْﻪِ Di dalam sebagian redaksi menggunakan kata-kata “bil ‘udwan”, -dengan menggunakan huruf “al”-. ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﺑِﺎﻟْﻌُﺪْﻭَﺍﻥِ Ketika di dalam harta qiradl terdapat laba dan rugi, maka kerugian ditutupi dengan laba. ‏( ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺣَﺼُﻞَ ‏) ﻓِﻲْ ﻣَﺎﻝِ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽِ ‏( ﺭِﺑْﺢٌ ﻭَﺧُﺴْﺮَﺍﻥٌ ﺟُﺒِﺮَ ﺍﻟْﺨُﺴْﺮَﺍﻥُ ﺑِﺎﻟﺮِّﺑْﺢِ ‏) Ketahuilah sesungguhnya akad qiradl hukumnya jaiz dari kedua belah pihak, sehingga masing-masing dari pemilik modal dan amil diperkenankan untuk merusaknya -kapanpun yang mereka kehendaki-. ﻭَﺍﻋْﻠَﻢْ ﺃَﻥَّ ﻋَﻘْﺪَ ﺍﻟْﻘِﺮَﺍﺽِ ﺟَﺎﺋِﺰَﺓٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﺮَﻓَﻴْﻦِ ﻓَﻠِﻜُﻞٍّ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤَﺎﻟِﻚِ ﻭَﺍﻟْﻌَﺎﻣِﻞِ ﻓَﺴْﺨُﻪُ . (Sumber : Kitab Fathul Qorib) Fanatik Pada Guru Oleh Habib Umar Bin Hafidz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB WAKALAH

BAB AQIQAH

BAB ISTIBRA’