BAB IQRAR
BAB IQRAR
(Fasal) menjelaskan hukum-hukum iqrar.
( ﻓَﺼْﻞٌ ﻓِﻲْ ﺃَﺣْﻜَﺎﻡِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ
Iqrar secara bahasa adalah menetapkan. Dan secara syara’ adalah memberitahukan hak yang menjadi
tanggungan orang yang iqrar.
ﻭَﻫُﻮَ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟْﺈِﺛْﺒَﺎﺕُ ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺇِﺧْﺒَﺎﺭٌ ﺑِﺤَﻖٍّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﻘِﺮِّ
Maka mengecualikan syahadah (persaksian). Karena sesungguhnya syahadah adalah memberitahukan hak milik orang lain yang menjadi beban orang yang lain lagi.
ﻓَﺨَﺮَﺟَﺖِ ﺍﻟﺸَّﻬَﺎﺩَﺓُ ﻟِﺄَﻧَّﻬَﺎ ﺇِﺧْﺒَﺎﺭٌ ﺑِﺤَﻖٍّ ﻟِﻠْﻐَﻴْﺮِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻐَﻴْﺮِ
Pembagian Muqar Bih
Sesuatu yang diiqrari ada dua macam.
( ﻭَﺍﻟْﻤُﻘَﺮُّ ﺑِﻪِ ﺿَﺮْﺑَﺎﻥِ )
Salah satunya adalah haknya Allah Swt seperti mencuri dan berzina.
ﺃَﺣَﺪُﻫُﻤَﺎ ( ﺣَﻖُّ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ) ﻛَﺎﻟﺴَّﺮِﻗَﺔِ ﻭَﺍﻟﺰِّﻧَﺎ
Yang ke dua adalah hak anak Adam seperti had qadzaf (menuduh zina) pada seseorang.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ( ﺣَﻖُّ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲِّ ) ﻛَﺤَﺪِّ ﺍﻟْﻘَﺬْﻑِ ﻟِﺸَﺨْﺺٍ
Haknya Allah
Untuk haknya Allah Swt, maka hukumnya sah menarik kembali pengakuan di dalamnya.
( ﻓَﺤَﻖُّ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻳَﺼِﺢُّ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉُ ﻓِﻴْﻪِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺑِﻪِ )
Seperti seseorang yang telah mengaku berbuat zina berkata,
“saya menarik kembali pengakuan ini,” atau “saya berbohong dalam pengakuan ini.”
ﻛَﺄَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﻣَﻦْ ﺃَﻗَﺮَّ ﺑِﺎﻟﺰِّﻧَﺎ ﺭَﺟَﻌْﺖُ ﻋَﻦْ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺃَﻭْ ﻛَﺬَﺑْﺖُ ﻓِﻴْﻪِ
Bagi orang yang mengaku telah berbuat zina disunnahkan untuk menarik kembali pengakuannya.
ﻭَﻳُﺴَﻦُّ ﻟِﻠْﻤُﻘِﺮِّ ﺑِﺎﻟﺰِّﻧَﺎ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉُ ﻋَﻨْﻪُ
Hak Anak Adam
Sedangkan untuk hak anak Adam, maka hukumnya tidak sah menarik kembali pengakuan di dalamnya.
( ﻭَﺣَﻖُّ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲِّ ﻟَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉُ ﻓِﻴْﻪِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺑِﻪِ )
Dibedakan antara hak ini dengan hak sebelumnya, bahwa sesungguhnya haknya Allah Swt didasarkan pada kemurahan, sedangkan hak anak Adam didasarkan pada al musahah
(sengketa) .
ﻭَﻓُﺮِّﻕَ ﺑَﻴْﻦَ ﻫَﺬَﺍ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻗَﺒْﻠَﻪُ ﺑِﺄَﻥَّ ﺣَﻖَّ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻣَﺒْﻨِﻲٌّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﺴَﺎﻣَﺤَﺔِ ﻭَﺣَﻖَّ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲِّ ﻣَﺒْﻨِﻲٍّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﺸَﺎﺣَﺔِ
Syarat-Syarat Iqrar
Sahnya pengakuan membutuhkan tiga syarat.
( ﻭَﺗَﻔْﺘَﻘِﺮُ ﺻِﺤَّﺔُ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺇِﻟَﻰ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔِ ﺷَﺮَﺍﺋِﻂَ )
Salah satunya adalah baligh. Sehingga tidak sah pengakuan anak kecil walaupun hampir baligh dan walaupun seizin walinya.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ( ﺍﻟْﺒُﻠُﻮْﻍُ ) ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﺇِﻗْﺮَﺍﺭُ ﺍﻟﺼَّﺒِﻲِّ ﻭَﻟَﻮْ ﻣُﺮَﺍﻫِﻘًﺎ ﻭَﻟَﻮْ ﺑِﺈِﺫْﻥِ ﻭَﻟِﻴِّﻪِ
Yang kedua adalah berakal. Sehingga tidak sah pengakuannya orang gila, orang pingsan dan orang yang hilang akalnya sebab sesuatu yang ditolelir.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ( ﺍﻟْﻌَﻘْﻞُ ) ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﺇِﻗْﺮَﺍﺭُ ﺍﻟْﻤَﺠْﻨُﻮْﻥِ ﻭَﺍﻟْﻤُﻐْﻤَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺯَﺍﺋِﻞِ ﺍﻟْﻌَﻘْﻞِ ﺑِﻤَﺎ ﻳُﻌْﺬَﺭُ ﻓِﻴْﻪِ
Jika hilangnya akal itu disebabkan oleh sesuatu yang tidak ditolelir, maka hukumnya seperti orang yang mabuk.
ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳُﻌْﺬَﺭْ ﻓَﺤُﻜْﻤُﻪُ ﻛَﺎﻟﺴَّﻜْﺮَﺍﻥِ
Yang ke tiga adalah atas kemauan sendiri, sehingga tidak sah pengakuan orang yang dipaksa terhadap apa yang dipaksakan pada dirinya.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ( ﺍﻟْﺎِﺧْﺘِﻴَﺎﺭُ ) ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﺇِﻗْﺮَﺍﺭُ ﻣُﻜْﺮَﻩٍ ﺑِﻤَﺎ ﺃُﻛْﺮِﻩَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
Jika pengakuan tersebut pada harta, maka ditambahkan syarat yang ke empat yaitu rusyd (pintar).
( ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ) ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭُ ( ﺑِﻤَﺎﻝٍ ﺍُﻋْﺘُﺒِﺮَ ﻓِﻴْﻪِ ﺷَﺮْﻁٌ ﺭَﺍﺑِﻊٌ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺮُّﺷْﺪُ )
Yang dikehendaki dengan rusyd adalah keberadaan orang yang iqrar adalah orang yang mutlak tasharrufnya (sah tasharrufnya).
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﻪِ ﻛَﻮْﻥُ ﺍﻟْﻤُﻘِﺮِّ ﻣُﻄْﻠَﻖَ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻑِ
Dengan keterangan “terhadap harta”, mushannif mengecualikan pengakuan terhadap selain harta seperti talak, dhihar dan sesamanya.
ﻭَﺍﺣْﺘَﺮَﺯَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺑِﻤَﺎﻝٍ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺑِﻐَﻴْﺮِﻩِ ﻛَﻄَﻠَﺎﻕٍ ﻭَﻇِﻬَﺎﺭٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻫِﻤَﺎ
Maka tidak disyaratkan harus
rusyd pada orang yang iqrar dengan perkara-perkara tersebut, bahkan hukumnya sah pengakuan dari orang idiot.
ﻓَﻠَﺎ ﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﻘِﺮِّ ﺑِﺬَﻟِﻚَ ﺍﻟﺮُّﺷْﺪُ ﺑَﻞْ ﻳَﺼِﺢُّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﺨْﺺِ ﺍﻟﺴَّﻔِﻴْﻪِ
Iqrar Barang Yang Tidak Jelas
Ketika seseorang melakukan iqrar dengan sesuatu yang tidak jelas / majhul seperti ucapannya,
“fulan memiliki sesuatu hak pada diriku”, maka ia diminta untuk menjelaskannya, maksudnya barang yang tidak jelas tersebut.
( ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺃَﻗَﺮَّ ) ﺍﻟﺸَّﺨْﺺُ ( ﺑِﻤَﺠْﻬُﻮْﻝٍ ) ﻛَﻘَﻮْﻟِﻪِ ﻟِﻔُﻠَﺎﻥٍ ﻋَﻠَﻲَّ ﺷَﻴْﺊٌ ( ﺭُﺟِﻊَ ) ﺑِﻀَﻢِّ ﺃَﻭَّﻟِﻪِ ( ﺇِﻟَﻴْﻪِ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻤُﻘِﺮِّ ( ﻓِﻲْ ﺑَﻴَﺎﻧِﻪِ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻤَﺠْﻬُﻮْﻝِ
Sehingga penjelasannya sudah bisa diterima dengan sesuatu yang memiliki harga, walaupun hanya sedikit seperti uang receh.
ﻓَﻴُﻘْﺒَﻞُ ﺗَﻔْﺴِﻴْﺮُﻩُ ﺑِﻜُﻞِّ ﻣَﺎ ﻳُﺘَﻤَﻮَّﻝُ ﻭَﺇِﻥْ ﻗَﻞَّ ﻛَﻔَﻠَﺲٍ
Seandainya ia menjelaskan perkara yang tidak jelas tersebut dengan sesuatu yang tidak memiliki harga akan tetapi masih termasuk jenis dari perkara yang memiliki harga seperti satu biji gandum putih, atau bukan termasuk jenis barang yang memiliki harga akan tetapi halal untuk disimpan seperti kulit bangkai, anjing yang terlatih dan kotoran ternak, maka penjelasannya di dalam semua itu dapat diterima menurut pendapat al ashah.
ﻭَﻟَﻮْ ﻓَﺴَّﺮَ ﺍﻟْﻤَﺠْﻬُﻮْﻝَ ﺑِﻤَﺎ ﻟَﺎ ﻳُﺘَﻤَﻮَّﻝُ ﻟَﻜِﻦْ ﻣِﻦْ ﺟِﻨْﺴِﻪِ ﻛَﺤَﺒَّﺔِ ﺣِﻨْﻄَﺔٍ ﺃَﻭْ ﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻦْ ﺟِﻨْﺴِﻪِ ﻟَﻜِﻦْ ﻳَﺤِﻞُّ ﺍﻗْﺘِﻨَﺎﺅُﻩُ ﻛَﺠِﻠْﺪِ ﻣَﻴْﺘَﺔٍ ﻭَﻛَﻠْﺐٍ ﻣُﻌَﻠَّﻢٍ ﻭَﺯَﺑَﻞٍ ﻗُﺒِﻞَ ﺗَﻔْﺴِﻴْﺮُﻩُ ﻓِﻲْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﺻَﺢِّ
Ketika seseorang melakukan iqrar dengan sesuatu yang tidak jelas dan tidak mau menjelaskannya setelah dituntut untuk menjelaskan, maka ia berhak dipenjara hingga mau menjelaskan perkara yang belum jelas tersebut.
ﻭَﻣَﺘَﻰ ﺃَﻗَﺮَّ ﺑِﻤَﺠْﻬُﻮْﻝٍ ﻭَﺍﻣْﺘَﻨَﻊَ ﻣِﻦْ ﺑَﻴَﺎﻧِﻪِ ﺑَﻌْﺪَ ﺃَﻥْ ﻃُﻮْﻟِﺐَ ﺑِﻪِ ﺣُﺒِﺲَ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺒَﻴِّﻦَ ﺍﻟْﻤَﺠْﻬُﻮْﻝَ
Sehingga, jika ia meninggal dunia sebelum menjelaskan, maka yang dituntut untuk menjelaskan adalah ahli warisnya, dan semua harta tinggallannya dipending terlebih dahulu.
ﻓَﺈِﻥْ ﻣَﺎﺕَ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﺒَﻴَﺎﻥِ ﻃُﻮْﻟِﺐَ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻮَﺍﺭِﺙُ ﻭَﻭُﻗِﻒَ ﺟَﻤِﻴْﻊُ ﺍﻟﺘِّﺮْﻛَﺔِ .
Pengecualian di Dalam Iqrar
Hukumnya sah memberi istitsna’ / mengecualikan di dalam iqrar ketika pengecualian tersebut langsung disambung dengan iqrarnya, maksudnya orang yang iqrar langsung menyambung
istitsna’ -nya dengan
mustatsna minhu.
( ﻭَﻳَﺼِﺢُّ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀُ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭِ ﺇِﺫَﺍ ﻭَﺻَﻠَﻪُ ﺑِﻪِ ) ﺃَﻱْ ﻭَﺻَﻞَ ﺍﻟْﻤُﻘِﺮُّ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀَ ﺑِﺎﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻣِﻨْﻪُ
Sehingga, jika ia memisahkan antara keduanya dengan diam -yang lama secara ‘urf- atau ucapan yang lain, maka hukumnya tidak sah.
ﻓَﺈِﻥْ ﻓَﺼَﻞَ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﺑِﺴُﻜُﻮْﺕٍ ﺃَﻭْ ﻛَﻠَﺎﻡٍ ﻛَﺜِﻴْﺮٍ ﺃَﺟْﻨَﺒِﻲٍّ ﺿَﺮَّ
Adapun pemisah yang berupa diam sebentar seperti diam untuk mengambil nafas, maka hukumnya tidak berpengaruh.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟﺴُّﻜُﻮْﺕُ ﺍﻟْﻴَﺴِﻴْﺮُ ﻛَﺴَﻜْﺘَﺔِ ﺗَﻨَﻔُّﺲٍ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻀُﺮُّ
Di dalam istitsna’ juga disyaratkan harus tidak sampai menghabiskan
mustatsna minhu-nya.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺜْﻨَﺎﺀِ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳَﺴْﺘَﻐْﺮِﻕَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﺜْﻨَﻰ ﻣِﻨْﻪُ
Sehingga, jika sampai
istitsna’ -nya menghabiskan
mustatsna minhu-nya seperti ucapan, “Zaid memiliki hak pada diriku sepuluh kecuali sepuluh” , maka hukum istitsna’ -nya tidak sah.
ﻓَﺈِﻥِ ﺍﺳْﺘَﻐْﺮَﻗَﻪُ ﻧُﺤْﻮُ ﻟِﺰَﻳْﺪٍ ﻋَﻠَﻲَّ ﻋَﺸْﺮَﺓٌ ﺇِﻟَّﺎ ﻋَﺸْﺮَﺓً ﺿَﺮَّ
Iqrar di saat sehat dan sakit itu
hukumnya sama saja.
( ﻭَﻫُﻮَ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭُ ( ﻓِﻲْ ﺣَﺎﻝِ ﺍﻟﺼِّﺤَﺔِ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮَﺽِ ﺳَﻮَﺍﺀٌ )
Sehingga, seandainya ada seseorang yang iqrar saat sehat bahwa ia memiliki hutang pada Zaid, dan saat sakit ia mengaku bahwa memiliki hutang pada Umar, maka pengakuan yang pertama tidak didahulukan. Dan kalau demikian, maka barang yang diiqrari harus dibagi di antara keduanya.
ﺣَﺘَّﻰ ﻟَﻮْ ﺃَﻗَﺮَّ ﺷَﺨْﺺٌ ﻓِﻲْ ﺻِﺤَّﺘِﻪِ ﺑِﺪَﻳْﻦٍ ﻟِﺰَﻳْﺪٍ ﻭَﻓِﻲْ ﻣَﺮَﺿِﻪِ ﺑِﺪَﻳْﻦٍ ﻟِﻌُﻤَﺮَ ﻟَﻢْ ﻳُﻘَﺪَّﻡِ ﺍﻟْﺈِﻗْﺮَﺍﺭُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝُ ﻭَﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻴُﻘْﺴَﻢُ ﺍﻟْﻤُﻘَﺮُّ ﺑِﻪِ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﺑِﺎﻟﺴَّﻮِﻳَّﺔِ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Amalan Di Jamin Selamat Dari Penyakit Gila Kusta Lepra Buta Lumpuh Stroke
Komentar
Posting Komentar